Persiapan Agreditasi Puskesmas Kepenuhan Sudah 80 Parsen


Awal bulan agustus 2017 mendatang pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas)  kecamatan kepenuhan kabupaten rokan hulu akan mengikuti penilaian agreditasi dan penilaian akan dilakukan tim independen kementrian kesehatan RI, dalam menghadapi agreditasi tersebut persiapan puskesmas sudah mencapai 80 parsen.

Saat ini puskesmas kecamatan kepenuhan kabupaten rokan hulu tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi penilaian agreditasi tahun 2017, adupun persiapan yang dilakukan berupa pengumpulan dokumen, pelayanan posyandu, bidan desa, pelayanan dan termasuk administrasi.

Seketaris dinas kesehatan rokan hulu, Hasbikar Skm. M.Kes, Rabu (12/2/7/2017) Mengatakan Untuk kabupaten rokan hulu tahun 2017 sedikitnya ada enam puskesmas yang akan mengikuti penilaian dari tim independen kementrian kesehatan RI.

Adapun enam puskesmas yang akan mengikuti penilaian agreditasi  diantaranya pus Tambusai utara satu, Tandun, Rokan IV koto, Ujung batu,
Rambah samo dua, dan puskesmas kecamatan Kepenuhan. " Terang Hasbikar.

Dari enam puskesmas yang akan menggikuti penilaian baru puskesmas kepenuhan yang sudah mencapai  80 parsen persiapanya dalam menghadapi  penilaian agreditasi, sehingga awal agustus nanti puskesmas sudah siap 100 parsen,  sehingga keinginan puskesmas untuk mendapatkan agreditasi minimal Madya.

Untuk penilaian agreditasi puskesmas ada empat tingkatan  mulai agreditasi Dasar,  Madya, Utama dan Paripurna dalam penilaian agreditasi puskesmas kepenuhan kita berharap paling tidaknya bisa meraih agreditasi Madya." Ucapnya.

Sementara kepala puskesmas kepenuhan,  Ahmad Arif Bahtiar Skm mengatakan untuk saat ini persiapan puskesmas menghadapi agreditasi sudah mencapai 80 parsen, sedangkan 20 parsen lagi jelang penilaian awal agustus kita targetkan sudah rampung dikerjakan oleh petugas dan masing-masing pokja.

Adapun yang menjadi sasaran  penilaian pertama puskesmas dan termasuk pelayanan kepada masyarakat." Jelas Arif.

Sedangkan camat kepenuhan,  recko roeandra S.Stp  mengatakan kita  sangat mendukung program agreditasi yang diajukan oleh puskesmas,  pasalnya dengan telah diagreditasi tentu akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat luas terutama bagi masyarakat kepenuhan.

Untuk mencapai agreditasi tersebut kita minta kepala Puskesmas kepenuhan  menjalin komunikasi yang bagus dengan  lintas sektoral sehingga apa yang menjadi  kebutuhan puskesmas dalam menghadapi penilaian agreditasi bisa dibantu dan  agreditasi yang diinginkan oleh puskesmas pada tahun ini bisa tralisasi.

Terkait isu tidak bagusnya pelayanan di puskesmas beberapa waktu lalu yang sempat mencuat kepublik  itu sifatnya kritikan membangun, dan hal ini menandakan bahwa masyarakat kita sudah pintar.

Dengan kritikan masyarakat  tersebut yang sebelumnya pelayanan tidak bagus, namun setelah ada kritikan  saat ini secara perlahan pelayanan kepada masyarakat  mulai membaik  tentu suda jelas kritikan tersebut bersipat membangun, apa lagi saat ini puskesmas tengah menghadapi agreditasi tentu pelayanan akan lebih baik lagi kedepan. " Jelas recko.

Kita himbau kepada seluruh pihak untuk mendukung program agreditasi puskesmas rambah, sehingga kedepan masyarakat kita terlayani dengan baik. " Harap Recko